TUGAS POKOK DAN FUNGSI

DINAS 

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Surabaya dan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 57 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya.

Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah Bidang :

  1. Pertanahan ;
  2. Pekerjaan Umum ;
  3. Otonomi Daerah, Pemerintahan Umum, Administrasi Keuangan Daerah, Perangkat Daerah, Kepegawaian dan Persandian;
  4. dan tugas pembantuan lainnya;

Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya ;
  2. Pelaksanaan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya ;
  4. Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya; dan
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.

SEKRETARIAT

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas di bidang kesekretariatan yang meliputi menyusun dan melaksanakan rencana program dan petunjuk teknis, melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain, melaksanakan pengawasan dan pengendalian, melaksanakan evaluasi dan pelaporan, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas Sekretariat mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan koordinasi penyusunan perencanaan program, anggaran dan perundang-undangan;
  2. Pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan administrasi umum dan administrasi perizinan/non perizinan/rekomendasi;/li>
  3. Pelaksanaan pengelolaan administrasi kepegawaian;
  4. Pelaksanaan pengelolaan administrasi keuangan;
  5. Pelaksanaan penatausahaan barang milik Daerah
  6. Pelaksanaan urusan rumah tangga, dokumentasi, hubungan masyarakat, dan protokol;
  7. Pelaksanaan pengelolaan kearsipan dan perpustakaan;
  8. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan tugas-tugas Bidang;
  9. Pelaksanaan pembinaan organisasi dan ketatalaksanaan;
  10. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas;
  11. Pelaksanaan perhitungan pelaporan indikator kinerja sekretariat yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis;
  12. Pelaksanaan koordinasi pelaporan indikator kinerja dinas yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis; dan
  13. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai tugas dan fungsinya.

BIDANG PENGADAAN DAN PENGAMANAN

Bidang Pengadaan dan Pengamanan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas di bidang pengadaan dan pengamanan yang meliputi menyusun dan melaksanakan rencana program dan petunjuk teknis, melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain, melaksanakan pengawasan dan pengendalian, melaksanakan evaluasi dan pelaporan, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas Bidang Pengadaan dan Pengamanan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan pemrosesan teknis perizinan/non perizinan/rekomendasi sesuai bidangnya;
  2. Pelaksanaan pengamanan tanah, rumah dan/atau bangunan;
  3. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap indikator kinerja pengadaan tanah dan/atau bangunan serta pengamanan aset terkait dengan capaian dan target yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis SKPD / kota;
  4. Penyiapan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang pengadaan tanah dan/atau bangunan untuk kepentingan umum, selain infrastruktur dan pengamanan tanah, rumah dan bangunan;
  5. Pelaksanaan program dan petunjuk teknis di bidang pengadaan tanah dan/atau bangunan untuk kepentingan umum, selain infrastruktur dan pengamanan tanah, rumah dan/atau bangunan;
  6. Pelaksanaan proses pengadaan tanah dan/atau bangunan untuk kepentingan umum, selain infrastruktur dan pengamanan tanah, rumah dan/atau bangunan;
  7. Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain sesuai bidangnya;
  8. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian sesuai bidangnya; dan
  9. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

BIDANG PENDATAAN DAN PEMANFATAAN TANAH

Bidang Pendataan dan Pemanfaatan Tanah mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas di bidang pendataan dan pemanfaatan tanah yang meliputi menyusun dan melaksanakan rencana program dan petunjuk teknis, melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain, melaksanakan pengawasan dan pengendalian, melaksanakan evaluasi dan pelaporan, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas Bidang Pemanfaatan Tanah mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan pemrosesan teknis perizinan/non perizinan/rekomendasi sesuai bidangnya;
  2. Pemrosesan teknis pemanfataan tanah sesuai Bidangnya;
  3. Pelaksanaan pengelolaan tanah;
  4. Pelaksanaan koordinasi dengan lembaga dan instansi lain dalam rangka pelaksanaan pemanfaatan dan penataan tanah, serta pengukuran dan pemetaan tanah;
  5. Pelaksanaan perhitungan retribusi pemakaian tanah;
  6. Pelaksanaan identifikasi pendataan, penyusunan database, pengukuran, pemetaan tanah yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah;
  7. Pelaksanaan penataan dan pendataan tanah;
  8. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian sesuai bidangnya;
  9. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap indikator kinerja pencatatan pemanfaatan tanah terkait dengan capaian dan target yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis SKPD / kota;
  10. Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis sesuai bidangnya;
  11. Pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis sesuai bidangnya;
  12. Pelaksanaan pelepasan tanah yang menjadi objek Izin Pemakaian Tanah;
  13. Pelaksanaan koordinasi penataan tanah; dan
  14. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

BIDANG PEMANFAATAN BANGUNAN

Bidang Pemanfaatan Bangunan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas di bidang pemanfaatan bangunan yang meliputi menyusun dan melaksanakan rencana program dan petunjuk teknis, melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain, melaksanakan pengawasan dan pengendalian, melaksanakan evaluasi dan pelaporan, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas Bidang Pemanfaatan Bangunan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan pemrosesan teknis perizinan/non perizinan/rekomendasi sesuai bidangnya;
  2. Pengelolaan rumah dan bangunan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah, selain rumah dan bangunan yang dikelola oleh SKPD;
  3. Penyusunan perumusan bahan penetapan kebijakan pengelolaan rumah dan bangunan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah;
  4. Pelaksanaan pengawasan, pengelolaan dan pemeliharaan ringan terhadap rumah dan bangunan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah;
  5. Perumusan harga sewa rumah dan bangunan;
  6. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap indikator kinerja pengelolaan aset serta pemenuhan kebutuhan rumah susun sederhana sewa terkait dengan capaian dan target yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis SKPD / kota;
  7. Penyiapan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis sesuai bidangnya;
  8. Pelaksanaan program dan petunjuk teknis sesuai bidangnya;
  9. Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain di bidang pemanfaatan dan pengawasan rumah dan bangunan aset;
  10. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian di bidang pemanfaatan dan pengawasan rumah dan bangunan aset; dan
  11. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

BIDANG PENGENDALIAN

Bidang Pengendalian mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas di bidang pengendalian yang meliputi menyusun dan melaksanakan rencana program dan petunjuk teknis, melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain, melaksanakan pengawasan dan pengendalian, melaksanakan evaluasi dan pelaporan, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas Bidang Pengendalian mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan pemrosesan teknis perizinan / non perizinan / rekomendasi sesuai bidangnya;
  2. Penanganan sengketa tanah dan bangunan, baik litigasi maupun non litigasi;
  3. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi lain dalam upaya penanganan sengketa tanah dan bangunan;
  4. Pelaksanaan fasilitasi musyawarah antar pihak yang bersengketa dengan objek sengketa berupa tanah dan bangunan;
  5. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap indikator kinerja penanganan masalah tanah dan/atau bangunan terkait dengan capaian dan target yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis SKPD / kota;
  6. Pelaksanaan penyuluhan tentang tanah dan bangunan;
  7. Penyiapan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang pengendalian;
  8. Pelaksanaan program dan petunjuk teknis sesuai bidangnya;
  9. Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain sesuai bidangnya;
  10. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian sesuai bidangnya; dan
  11. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.