TUGAS POKOK DAN FUNGSI

DINAS 

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Surabaya dan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 57 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya.

Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah Bidang Pertanahan.

Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya ;
  2. Pelaksanaan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya ;
  4. Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya; dan
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.

SEKRETARIAT

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas di bidang kesekretariatan yang meliputi menyusun dan melaksanakan rencana program dan petunjuk teknis, melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain, melaksanakan pengawasan dan pengendalian, melaksanakan evaluasi dan pelaporan, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas Sekretariat mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan koordinasi penyusunan perencanaan program, anggaran dan perundang-undangan;
  2. Pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan administrasi umum dan administrasi perizinan/non perizinan/rekomendasi;/li>
  3. Pelaksanaan pengelolaan administrasi kepegawaian;
  4. Pelaksanaan pengelolaan administrasi keuangan;
  5. Pelaksanaan penatausahaan barang milik Daerah
  6. Pelaksanaan urusan rumah tangga, dokumentasi, hubungan masyarakat, dan protokol;
  7. Pelaksanaan pengelolaan kearsipan dan perpustakaan;
  8. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan tugas-tugas Bidang;
  9. Pelaksanaan pembinaan organisasi dan ketatalaksanaan;
  10. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas;
  11. Pelaksanaan perhitungan pelaporan indikator kinerja sekretariat yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis;
  12. Pelaksanaan koordinasi pelaporan indikator kinerja dinas yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis; dan
  13. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai tugas dan fungsinya.

BIDANG PENGADAAN DAN PENGAMANAN ASET

Bidang Pengadaan dan Pengamanan Aset mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas di Bidang Pengadaan dan Pengamanan Aset yang meliputi menyusun dan melaksanakan rencana program dan petunjuk teknis, melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain, melaksanakan pengawasan dan pengendalian, melaksanakan evaluasi dan pelaporan, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas Bidang Pengadaan dan Pengamanan Aset mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan pemrosesan teknis perizinan/non perizinan/rekomendasi sesuai bidang pengadaan dan pengamanan aset;
  2. Penyiapan bahan penyusunan rencana dan pelaksanaan program serta petunjuk teknis di bidang pengadaan dan pengamanan aset untuk kepentingan umum, selain infrastruktur dan pengamanan tanah, rumah dan/atau bangunan;
  3. Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain di bidang pengadaan dan pengamanan aset;
  4. Pelaksanaan pengamanan tanah, rumah dan/atau bangunan;
  5. Pelaksanaan rekomendasi Surat Keterangan Rencana Kota untuk peresmian atau pemutihan Izin Pemakaian Tanah;
  6. Pelaksanaan kajian pemanfaatan perencanaan pemanfaatan aset tanah dan/atau bangunan;
  7. Pelaksanaan proses pengadaan tanah dan/atau bangunan untuk kepentingan umum, selain infrastruktur dan pengamanan tanah, rumah dan/atau bangunan;
  8. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian serta monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang pengadaan dan pengamanan aset;
  9. Pelaksanaan pelaporan indikator kinerja bidang yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis;
  10. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

BIDANG PENDATAAN DAN PEMANFATAAN TANAH

Bidang Pendataan dan Pemanfaatan Tanah mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas di bidang pendataan dan pemanfaatan tanah yang meliputi menyusun dan melaksanakan rencana program dan petunjuk teknis, melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain, melaksanakan pengawasan dan pengendalian, melaksanakan evaluasi dan pelaporan, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas Bidang Pemanfaatan Tanah mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Pemrosesan teknis perizinan/non perizinan/rekomendasi sesuai bidangnya;
  2. Penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis sesuai di bidang pendataan dan pemanfaatan tanah;
  3. Pelaksanaan koordinasi dengan lembaga dan instansi lain dalam di bidang pendataan dan pemanfaatan tanah;
  4. Pemrosesan teknis pemanfaatan tanah sesuai Bidangnya;
  5. Pelaksanaan penataan, pendataan, pengelolaan dan perhitungan retribusi pemakaian tanah;
  6. Pelaksanaan identifikasi pendataan, penyusunan database, pengukuran, pemetaan tanah yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah;
  7. Pelaksanaan pelepasan tanah yang menjadi objek Izin Pemakaian Tanah;
  8. Pelaksanaan koordinasi penataan tanah;
  9. Pelaksanaan perhitungan retribusi pemakaian tanah;
  10. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian di bidang pendataan dan pemanfaatan tanah;
  11. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  12. Pelaksanaan pelaporan indikator kinerja bidang yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis;
  13. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

BIDANG PEMANFAATAN BANGUNAN

Bidang Pemanfaatan Bangunan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas di bidang pemanfaatan bangunan yang meliputi menyusun dan melaksanakan rencana program dan petunjuk teknis, melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain, melaksanakan pengawasan dan pengendalian, melaksanakan evaluasi dan pelaporan, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas Bidang Pemanfaatan Bangunan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan pemrosesan teknis perizinan/non perizinan/rekomendasi di bidang pemanfaatan bangunan;
  2. Penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis di bidang pemanfaatan bangunan;
  3. Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain di bidang pemanfaatan bangunan;
  4. Pelaksanaan pengawasan pada rumah aset dan rumah susun sewa dan/atau rumah bertingkat;
  5. Pelaksanaan pengelolaan dan pemeliharaan ringan pada rumah aset dan rumah susun sewa;
  6. Pengelolaan rumah dan bangunan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah, selain rumah dan bangunan yang dikelola oleh Pemerintah Daerah;
  7. Penyusunan perumusan bahan penetapan kebijakan pengelolaan rumah dan bangunan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah;
  8. Pelaksanaan pengawasan, pengelolaan dan pemeliharaan ringan terhadap bangunan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah;
  9. Perumusan harga sewa rumah dan bangunan;
  10. Pelaksanaan pendataan wajib retribusi atau pihak yang menyewa rumah susun;
  11. Pelaksanaan penagihan dan penyetoran retribusi/uang sewa rumah susun ke bendahara penerimaan pada Dinas untuk selanjutnya disetor ke rekening kas umum daerah;
  12. Pelaksanaan penagihan dan pengumpulan pembayaran rekening listrik, air dan gas;
  13. Pelaksanaan pelaporan indikator kinerja bidang yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis;
  14. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

BIDANG PENANGANAN SENGKETA DAN PENYULUHAN

Bidang Pengendalian mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas di bidang pengendalian yang meliputi menyusun dan melaksanakan rencana program dan petunjuk teknis, melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain, melaksanakan pengawasan dan pengendalian, melaksanakan evaluasi dan pelaporan, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas Bidang Pengendalian mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan pemrosesan teknis perizinan/non perizinan/rekomendasi di bidang penanganan sengketa dan penyuluhan;
  2. Pelaksanaan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang penanganan sengketa dan penyuluhan;
  3. Pelaksanaan program dan petunjuk teknis sesuai bidangnya;
  4. Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain sdi bidang penanganan sengketa dan penyuluhan;
  5. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian terhadap tanah dan bangunan;
  6. Pelaksanaan rekomendasi Surat Keterangan Rencana Kota untuk peresmian atau pemutihan Izin Pemakaian Tanah;
  7. Pelaksanaan pemberian rekomendasi terhadap penjaminan bangunan dan/atau pemasangan Hak Tanggungan diatas tanah aset yang dimanfaatkan pihak lain;
  8. Pelaksanaan penanganan terhadap sengketa tanah dan bangunan, baik litigasi maupun non litigasi;
  9. Pelaksanaan penyuluhan tentang tanah dan bangunan;
  10. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian;
  11. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  12. Pelaksanaan pelaporan indikator kinerja bidang yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategis;
  13. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.